Penyakit Kista Pada Wanita

Penyakit Kista Pada Wanita – Kista merupakan sebuah tumor jinak yang bentuknya seperti benjolan. Penyakit yang satu ini paling ditakuti oleh kaum perempuan, bagaimana tidak? penyakit kista pada wanita tidak hanya menyerang wanita yang sudah menikah saja bahkan wanita yang belum menikah atau masih gadis juga bisa terkena penyakit ini.

penyakit kista pada wanita

Penyebab Penyakit Kista

Kista memang sering menyerang kaum wanita sehingga ketakutan yang dirasakan oleh penderitanya adalah seperti bayangan kalau penyakit tersebut bisa saja menjadi buruk dan berubah menjadi kanker atau jika penderitanya masih gadis hal yang ditakuti adalah tidak bisa memberikan keturunan atau anak.

Jadi, hal-hal tersebutlah yang membuat penderita menjadi takut dan sedih. Sebenarnya penyakit kista pada wanita tidak hanya menyerang sistem reproduksi saja, tetapi penyakit ini juga bisa menyerang beberapa anggota tubuh lainnya. Untuk itu Anda sebagai kaum wanita sangat perlu mendapatkan pengetahuan mengenai penyakit kista agar Anda bisa lebih menjaga diri lagi.

 

Ada beberapa faktor seperti diet berlebihan, kelelahan fisik, menstruasi tidak lancar atau bisa saja melebihi waktu normal juga merupakan salah satu penyakit kista ovarium. Untuk itu Anda harus bisa melakukan pendeteksian lebih awal agar dapat melakukan penanganan lebih cepat sehingga penyakit tersebut tidak berubah menjadi lebih buruk lagi.

Sebenarnya penyakit kista yang berkembang di ovarium bisa saja disebabkan oleh siklus menstruasi yang normal. Di bawah ini ada beberapa penyebab yang dialami para wanita baik itu usia muda ataupun dewasa :

  1. Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur
  2. Masih Sangat Muda Ketika Mendapatkan Menstruasi
  3. Pola makan yang tidak sehat
  4. Stres
  5. Faktor keturunan
  6. Perokok dan sering mengonsumsi minuman yang beralkohol
  7. Obesitas
kista ovarium pada wanita

Ciri – Ciri Penyakit Kista

Selain penyebab dari penyakit kista pada wanita, ada juga ciri-ciri kista yang perlu Anda ketahui seperti di bawah ini :

  1. Rasa Sakit di Perut Pada Bagian Bawah

Rasa sakit yang ditimbulkan diperut dikarenakan bahwa letak rahim tersebut memang berada pada perut bagian bawah. Apabila kista yang sedang meradang atau infeksi pasti akan menimbulkan rasa yang sakit serta kurang nyaman pada daerah area tersebut.

  1. Sakitnya Seperti Terpelintir

Pada saat kista Anda pecah maka akan menimbulkan rasa nyeri dan sakit yang sangat hebat pada area bagian perut bahkan rasanya seperti terpelintir. Kemudian akibat selanjutnya yaitu pendarahan yang cukup banyak serta perut Anda juga akan menjadi kembung karena pada saat kista pecah banyak cairan-cairan kista yang pastinya akan menumpuk di perut sehingga hal tersebutlah membuat perut Anda menjadi kembung.

  1. Sulit Membuang Air Besar

Yang ketiga yaitu sulit membuang air besar. Hal tersebut dikarenakan selain mengimpit pada bagian leher rahim, penyakit kista tersebut biasanya juga akan mengimpit pada bagian rektum sehingga akan menyebabkan Anda kesulitan dalam membuang air besar.

  1. Terlalu Sering Buang Air Kecil

Selanjutnya selain sulit buang air besar, maka ciri-ciri lainnya yaitu Anda terlalu sering membuang air keci. Mengapa demikian? Karena kandung kemih yang terimpit oleh kista akan mengecil sehingga membuat air kencing sangat sulit tersimpan dalam jumlah kapasitas yang banyak sehingga membuat Anda akan selalu buang air kecil secara terus menerus.

  1. Gangguan Pada Pencernaan

Gangguan pada pencernaan juga dapat menjadi salah satu dari ciri-ciri penyakit kista tersebut. membuat Anda merasa cepat kenyang meski porsi makan Anda kecil, hal itu biasanya disebabkan oleh organ pencernaan yang terimpit oleh kista tersebut.

Pada dasarnya Anda memang memiliki porsi makan yang banyak, tetapi dengan adanya organ yang terimpit membuat lambung yang menjadi daya tampung makanan yang masuk bisa berubah menjadi sedikit sehingga membuat Anda merasa dengan mudah cepat kenyang.

  1. Area Pinggul Terasa Sakit

Ciri penyakit kista pada wanita juga bisa ditunjukkan pada rasa nyeri atau sakit pada bagian pinggul serta area bagian bawah hingga sampai bagian paha.

  1. Sesak Nafas

Sesak nafas juga merupakan salah satu dari sekian banyaknya ciri-ciri dari penyakit kista. Gejala tersebut disebabkan oleh terimpitnya paru-paru atau organ pernafasan dengan kista yang ada di dalam tubuh Anda. Jika kista tersebut semakin membesar maka akan menyulitkan Anda pada saat bernafas.

  1. Berat Badan Menjadi Turun

Pola makan menjadi terganggu akibatnya adalah berat badan Anda bisa turun dengan cepat. Seperti di atas terimpitnya organ pencernaan akan membuat Anda merasa cepat kenyang walaupun porsi makan Anda kecil.

Untuk itu pola makan tersebut tentulah tidak optimal bagi tubuh Anda, karena Anda juga memerlukan nutrisi gizi sehingga membuat tubuh Anda menjadi tetap sehat dan kuat. Jika Anda merasa cepat kenyang, maka tubuh Anda akan kekurangan gizi dan membuat berat badan Anda bisa menjadi turun dengan drastis.

Ciri-ciri di atas dapat dijadikan sebagai informasi untuk Anda, tetapi jika sebagian dari Anda memang memiliki kesamaan dengan ciri-ciri seperti di atas sebaiknya tidak langsung berpikir bahwa Anda memiliki penyakit tersebut. Untuk itu Anda bisa langsung pergi ke dokter untuk memeriksanya dan mengeceknya langsung.

Pencegahan Terhadap Penyakit Kista

Jika Anda khususnya kaum wanita yang tidak ingin terkena penyakit kista, Anda bisa melakukan beberapa cara dalam mencegah timbulnya penyakit tersebut.

  1. Mengonsumsi Banyak Sayur dan Buah

Sayur dan buah memang telah dipercaya memiliki banyak manfaat dan kandungan akan vitamin yang dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat dan kuat. Selain itu, jika Anda rajin mengonsumsinya maka sayu dan buah tersebut dapat menetralkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh Anda.

 

  1. Mengurangi Makanan Yang berlemak

Selain sayur dan buah, sebaiknya Anda juga dapat mengurangi makanan yang mengandung lemak yang tinggi. Hal tersebut bisa dapat memicu dan menyebabkan gangguan pada hormon, untuk itu sebaiknya Anda bisa menjauhi makanan yang seperti ini.

  1. Menerapkan Pola Hidup Yang Sehat

Pada poin ini sebenarnya sangat penting sekali, menerapkan pola hidup yang sehat. Tak hanya dapat mencegah penyakit kista, tetapi dengan pola hidup sehat Anda juga bisa terhindar dari beberapa penyakit lainnya.

Untuk itu mulai dari sekarang biasakan untuk berolahraga dan hanya mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi dan vitamin, sehingga dengan begitu tubuh Anda pasti akan merasa sehat dan segar.

  1. Konsumsilah Makanan Yang Mengandung Antioksidan

Untuk selanjutnya Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu melawan radikal-radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Menjaga Kebersihan Pada Area Kewanitaan

Selain mengonsumsi makanan, Anda juga harus menjaga kebersihan pada area kewanitaan. Hal tersebut sangat perlu dan penting sekali dilakukan, karena mengingat banyak sekali kasus penyakit yang pada saat ini berhubungan langsung dengan area kewanitaan tersebut.

Jika Anda tidak bisa menjaga kebersihan itu, maka dapat menyebabkan infeksi mikro organisme yang berkembang dan menyebabkan munculnya penyakit kista tersebut. Untuk mencegahnya terjadinya sel tumor agar tidak berkembang, sebaiknya mulai dari sekarang Anda sudah bisa mulai menjaga kebersihan serta menjaga kelembaban pada area kewanitaan Anda.

Di atas mungkin bisa menjadi salah satu informasi yang berguna untuk Anda mengenai penyakit kista pada wanita serta penyebab, ciri dan pencegahan terhadap penyakit tersebut. Untuk itu, disarankan kepada Anda khususnya para wanita baik itu usia muda atau dewasa sebaiknya bisa menjaga kesehatan dan pola makan sehingga dapat terhindar dari penyakit kista ini.

Selain itu, jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri di atas sebaiknya langsung pergi ke dokter untuk dapat melakukan pemeriksaan agar Anda bisa mengetahui atau apabila memang sudah terbukti memiliki penyakit kista tersebut maka Anda bisa dapat mengobatinya dengan cepat.

Penyakit Kista Pada Wanita 

Related Post