Pengertian Kista Ovarium dan Bahaya Kista Ovarium

Kista ovarium adalah salah satu penyakit yang ditakuti wanita. Bahkan untuk yang belum pernah mendengarnya pun pasti akan takut. Mengapa karena penyakit ini menyerang bagian paling penting yang dimiliki oleh wanita. Yaitu organ reproduksinya. Lalu haruskah wanita merasa takut? Berikut ulasannya.

pengertian kista ovarium

kista ovarium dan Bahayanya

Sesuai dengan namanya, kista ovarium adalah kista yang menyerang bagian ovarium yang merupakan organ reproduksi wanita. Akan tetapi apakah kista ovarium ini berbahaya? Jawabannya tergantung dengan ukurannya. Jika ukurannya kecil maka kista pada ovarium bukan merupakan suatu penyakit yang serius. Ya sesungguhnya kista pada ovarium bukan merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Kista pada ovarium sesungguhnya hanyalah sebuah kantong berisi air yang ada di dalam indung telur. Perkembangan dari kantong yang berisi cairan ini bisa terjadi pada siapa saja. Tidak pandang umur maupun status menikah atau tidak. Meskipun bisa di derita banyak orang, tapi penyakit ini tidak berbahaya karena dapat menghilang dengan sendirinya.

Selain dapat menghilang dengan sendirinya kista ovarium dianggap sebagai penyakit yang tidak berbahaya karena memang tidak ada perawatan khusus yang harus dilakukan untuk menghilangkannya. Jadi bagi anda yang di vonis menderita kista ovarium anda tidak perlu cemas. Hal satu-satunya yang perlu anda lakukan ketika divonis menderita kista pada ovarium adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Mengapa? Hal ini disebabkan karena keberadaan kista pada ovarium memang perlu terus diamati apakah kondisinya terus membesar atau malah menghilang.

Seperti disebutkan sebelumnya, kista pada ovarium memang bukan merupakan hal yang berbahaya. Terutama untuk yang ukurannya kecil. Namun keberadaan kista ovarium ini memang perlu diperhatikan dan terus diamati. Jika kista ovarium terus membesar, hal ini perlu mendapatkan perhatian lebih.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kantung air pada ovarium memang tidak berbahaya jika ukurannya mengecil. Tapi jika ukurannya membesar maka hal ini bisa menjadi sumber bahaya. Mengapa? Pasalnya kantung air pada ovarium yang dikenal dengan kista ini makin membesar maka akan makin menekan sehingga dapat mengurangi atau bahkan menghambat sama sekali peredaran darah ke ovarium. Jika ini terjadi maka kemungkinan kista akan berkembang menjadi kanker ovarium yang sudah pasti merupakan suatu hal yang membahayakan.

Selain membesar dan menghalangi peredaran darah, kista pada bagian ovarium juga dapat menjadi bahaya ketika membesar karena kemungkinan pecahnya lebih besar. Ya, jika kista ovarium pecah maka kemungkinan kista berubah menjadi kanker menjadi sangat tinggi. Di sinilah letak bahaya dari kista yang muncul di dalam ovarium.

Ciri ciri kista ovarium

Ciri-ciri pembengkakan pada kista ovarium

Untuk mengetahui kista yang anda derita merupakan kista yang berbahaya atau tidak bisa dilihat pada ciri-cirinya. Pada awal kemunculan kista biasanya tidak akan terjadi gejala yang mencolok. Akan tetapi jika kista menjadi semakin besar maka akan terjadi beberapa gejala yang mungkin harus anda waspadai. Ciri-ciri tersebut antara lain adalah :

  • Perubahan siklus menstruasi
  • Terjadinya rasa penuh dan berat pada bagian perut
  • Sulit buang air kecil
  • Perut dan juga kandung kemih serta dubur terasa seperti tertekan
  • Nyeri di bagian panggul
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Nyeri pada saat berhubungan suami istri
  • Mual dan muntah
  • Payudara yang kencang dan nyeri

Ciri-ciri yang terjadi pada saat kista ovarium membesar sebetulnya cukup mirip dengan ciri-ciri orang pada saat akan menstruasi seperti nyeri, mual dan payudara terasa kencang dan nyeri. Akan tetapi hal ini terjadi secara terus menerus meskipun menstruasi sudah tidak terjadi.

Ciri atau gejala kista yang membesar ini sebetulnya memang terjadi karena kista bisa terjadi karena masalah hormonal. Akan tetapi untuk sebagian besar kista memang dapat diserap tubuh kembali dan tidak membesar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Jika ciri-ciri yang mengikuti ini terjadi maka segeralah melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari kista atau bagian reproduksi anda. Biasanya untuk anda yang mengalami masalah kista akan dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat sebesar apa kista yang anda miliki di dalam ovarium atau indung telur anda.

penyebab kista ovarium membesar

Penyebab Kista Ovarium Membesar

Untuk penyebab dari munculnya kista salah satunya adalah karena masalah hormon seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi ada beberapa hal lain juga yang bisa menyebabkan kemunculan dan pembengkakan pada kista ovarium. Penyebab-penyebab tersebut antara lain adalah:

  • Gaya hidup yang tidak sehat

Salah satu hal yang sangat mempengaruhi kemunculan dan pembengkakan kista yang ada pada ovarium adalah gaya hidup yang tidak sehat. Merokok dan konsumsi alkohol merupakan salah satu hal yang dapat menjadi pencetus munculnya kista pada ovarium. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi rokok dan juga alkohol sebaiknya dihindari oleh para wanita.

Selain konsumsi rokok dan juga alkohol, risiko kemunculan dan juga pembengkakan kista bisa juga makin tinggi ketika seorang wanita sering makan dengan cara yang salah. Makanan tinggi lemak merupakan jenis makanan yang sangat buruk untuk tubuh dan sering kali menyebabkan masalah kesehatan salah satunya adalah kista ovarium.

Selain makanan tinggi lemak, makanan rendah serat dan makanan yang memiliki banyak kandungan kimia tambahan juga merupakan jenis makanan yang membuat potensi kemunculan kista ovarium menjadi makin tinggi. Oleh karena itu sebagai seorang wanita sebaiknya mulailah menghindari gaya hidup yang tidak sehat tersebut.

  • Masalah kesehatan lainnya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kista ovarium merupakan sebuah kantung yang berisi cairan yang ada di dalam indung telur. Cairan yang ada di dalam kantung ini bisa hanya merupakan cairan biasa atau bisa juga merupakan darah karena tubuh mengalami kondisi kesehatan lainnya. Jika kista ovarium yang diderita ini berisi darah maka pembengkakan dari kista itu sendiri akan memakan waktu yang lebih singkat. Makin cepat besar, makin besar kemungkinannya untuk menghalangi suplai darah ke indung telur atau untuk pecah. Oleh karena itu jika anda memiliki perasaan tidak nyaman pada bagian ovarium yang kemudian diikuti dengan hal-hal lain seperti yang disebutkan sebelumnya. Segeralah lakukan pemeriksaan agar tidak terlambat.

Berdasarkan penjelasan di atas, kista ovarium sebetulnya dapat disebut sebagai sebuah penyakit yang tidak berbahaya ketika ukurannya kecil. Akan tetapi jika keberadaan kista makin membesar maka akan menjadi sesuatu yang berbahaya. Sayangnya untuk kista ovarium yang masih kecil biasanya tidak ada gejala yang mengikutinya sehingga sering kali tidak terprediksi. Lalu bagaimana untuk mengetahui keberadaannya? Untuk anda yang ingin terus berjaga-jaga. Sebaiknya  selalu lakukan pemeriksaan secara menyeluruh di bagian tubuh anda. Hal ini penting untuk memastikan ada yang salah atau tidak di dalam tubuh anda salah satunya mengenai kista ovarium. Jika pun ada kista ovarium anda bisa melakukan pendeteksian dini mengenai perkembangan dari kista tersebut sehingga jika kondisinya mulai mengkhawatirkan bisa dilakukan tindakan dini untuk mencegah perubahan kista ovarium menjadi kanker atau tumor.

Related Post