Makanan Penyebab Kista Ovarium

Makanan Penyebab Kista Ovarium – Kemungkinan masih banyak orang yang belum mengerti apa itu yang kista ovarium. Oleh karena itulah sebelum kita melanjutkan ke pembahasan lebih lanjut tentang makanan penyebab kista ovarium alangkah baiknya kalau terlebih dahulu kita jelaskan pengertiannya.

Kista Ovarium

Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kista yang terletak di dalam ovarium. Kista itu sendiri ialah suatu kantong yang berisikan cairan. Sedangkan ovarium atau indung telur merupakan salah satu organ reproduksi yang hanya dimiliki oleh seorang wanita.

Sebagai informasi untuk kita, khususnya bagi kaum wanita, ovarium terletak di dua tempat. Yang pertama letaknya di bagian kanan rahim, yang lainnya lagi ada di sebelah kiri dari rahim. Ovarium ini besarnya seperti biji kenari.

 

Ovarium mempunyai tugas yang sangat penting. Tugasnya yang pertama sebagai penghasil sel telur setiap bulannya, yang dimulai pada saat awal memasuki masa pubertas, pertama kalinya mengalami menstruasi sampai nanti memasuki masa menopause. Sebagai penghasil hormon estrogen dan hormon progesteron merupakan tugas kedua dari ovarium.

Terkadang ovarium tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Ada masalah yang mengganggunya, salah satunya adalah munculnya kista tadi.

Kista ovarium terdiri dari dua jenis, yakni kista fungsional dan kista patologis. Kista fungsional masuk ke salah satu bagian dari siklus haid jadi sudah merupakan suatu hal yang biasa terjadi. Oleh karena itulah kista jenis ini masih tergolong aman dan nantinya akan hilang dengan sendirinya.

Kalau kista patologis kebalikannya dari kista fungsional. Kista jenis ini sangat berbahaya bagi para wanita karena di dalamnya terkandung sel abnormal. Sel abnormal ini kemungkinan kecilnya bisa berubah menjadi sel-sel kanker. Bibit dari sel kanker yang tumbuh di ovarium inilah yang mengakibatkan si penderita sulit sekali untuk bisa hamil.

Seorang wanita memiliki kista di ovariumnya. Dalam perkembangannya bisa saja kistanya tersebut masih sebatas kista yang normal, yang masih bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan tanpa mengakibatkan masalah namun di sisi lain bisa jadi kista tersebut bentuknya besar sekali, beresiko tinggi untuk pecah sehingga perlu diambil tindakan operasi untuk pencegahannya.

makanan penyebab kista ovarium dan ciri cirinya

Ciri Ciri Kista Ovarium

Kista ovarium yang menyerang seorang wanita sebelumnya akan menampakkan beberapa gejala yang benar-benar harus diwaspadai. Gejala-gejala yang muncul antara lain :

  • pada saat jadwal menstruasinya datang, darahnya banyak sekali yang keluar.
  • Siklus menstruasinya datangnya tidak teratur.
  • Sulit sekali buang air kecil maupun buang air besar.
  • Sebelum dan sesudah menstruasinya datang, sakit akan dirasakan pada tulang panggulnya.
  • Nyeri yang teramat sangat di bagian tulang panggul juga akan dirasakan oleh wanita yang sudah menikah, pada saat berhubungan intim dengan suaminya.
  • Meskipun pernikahannya sudah berjalan lama sekali, belum juga dikaruniai momongan.
  • Yang bersangkutan akan mengalami mual, yang terkadang disertai dengan muntah.
  • Payudaranya menjadi sensitif, seperti yang sering dialami oleh wanita yang tengah hamil.
  • Proses pencernaannya tidak lancar.
  • Perutnya menjadi kembung yang disebabkan karena proses pencernaan yang tidak lancar.
  • Perutnya terasa penuh terus sehingga menyebabkannya cepat merasa kenyang.
  • Sering pusing, yang pada akhirnya mengakibatkannya gampang limbung.
Makanan Penyebab Kista Ovarium

Beberapa Makanan Penyebab Munculnya Kista Ovarium

Kaum wanita yang diserang oleh kista ovarium bisa mengalami hal yang paling menakutkan. Karena yang terkena adalah bagian sangat penting dari seorang wanita, yakni salah satu organ reproduksinya, bisa jadi akan mengakibatkan wanita yang bersangkutan mengalami kemandulan, akan sulit sekali memiliki anak.

Dampaknya memang sangat buruk, oleh karena itulah harus dicari upaya semaksimal mungkin untuk terhindar dari serangan kista ovarium tersebut. Salah satu caranya adalah dengan membatasi mengonsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena memang makanan ini merupakan salah satu faktor penyebabnya.

Berikut di bawah ini beberapa makanan penyebab kista ovarium yang harus dihindari terlebih dahulu :

  • Makanan laut atau sea food.

Sea food memang termasuk ke dalam jenis makanan yang sangat enak. Udang, cumi-cumi, kepiting, kerang adalah jenis makanan yang enak sekali untuk diolah jadi menu apa saja. Namun dibalik yang enak-enak tersebut ada bahaya yang mengintai. Makanan laut memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Inilah yang bisa memicu timbulnya kista ovarium. Jika masih ingin mengonsumsinya sekedar mencicipi tidak masalah namun kalau bisa jauhilah dulu.

  • Junk food

Yang dimaksud dengan junk food di sini adalah makanan cepat saji, yang praktis dan tentu saja enak rasanya, seperti gorengan, jeroan, pizza, burger dan makanan lain yang sejenis. Enak namun berbahaya karena tingginya kandungan lemak yang ada di dalamnya.

  • Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dengan minyak goreng biasa yang mengandung lemak jenuh sudah pasti akan tinggi kadar lemaknya. Untuk itu upayakanlah untuk menggantinya dengan minyak yang terbuat dari lemak tak jenuh yang lebih sehat, yang berasal dari jenis sawit, seperti minyak zaitun, minyak wijen, minyak kacang, minyak biji anggur dan canola.

  • Makanan yang dibakar

Pada makanan yang dibakar ada bagian yang gosong, bagian inilah yang bisa memicu timbulnya bakteri. Tidak hanya itu, ada juga tempat pembakaran yang pastinya sangat jarang dicuci. Kemudian arangnya yang juga belum tentu bersih. Kedua hal itulah yang juga bisa mengakibatkan kita terserang bakteri. Bakteri bisa mengakibatkan kita terkena penyakit, salah satunya adalah kista ovarium.

  • Daging yang warnanya merah

Sebetulnya daging merah seperti daging sapi maupun daging kambing sangat baik untuk dikonsumsi namun kalau berlebihan ditakutkan akan bisa mengakibatkan kista kita terkena karena banyak kandungan lemak jenuh yang terdapat di dalamnya.

  • Makanan yang diawetkan dalam kaleng atau plastik

Makanan kaleng seperti sarden atau kornet tidak masalah sebetulnya jika ingin dikonsumsi namun yang jadi masalah adalah terkadang kita tidak teliti dalam membelinya. Kita membeli makanan kaleng yang masa kadaluwarsanya sudah dekat. Inilah yang berbahaya. Karena siapa yang bisa menduga di dalamnya sudah timbul kuman. Begitu pula halnya dengan makanan yang dikemas di dalam plastik.

  • Jenis buah-buahan tertentu

Buah sangat baik untuk kesehatan namun beberapa jenis buah seperti nanas, duku dan durian memiliki senyawa enzim dan kadar asam yang bisa membuat rahim terganggu sehingga bisa memicu munculnya kista ovarium.

  • Jenis sayur-sayuran tertentu

Jenis sayuran seperti tauge, kangkung, sawi putih dan cabai sebetulnya tidak bermasalah kulau dikonsumsi asalkan jangan berlebihan. Karena kalau dikonsumsi di luar batas bisa memicu timbulnya sel-sel abnormal tubuh, salah satunya kista ovarium.

  • Junk drink

Junk drink seperti minuman beralkohol, minuman bersoda dan minuman yang sangat mengandung kadar gula yang sangat tinggi  sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, bisa membuat tubuh terluka, terutama sekali bagi kaum wanita, bisa mengakibatkan organ rahimnya teriritasi, yang akan menyebabkannya sulit sekali memiliki keturunan.

Makanan Penyebab Kista Ovarium

Related Post