Gejala Kista Ovarium dan Cara Mengobatinya yang Perlu Diketahui

Kista ovarium adalah jenis penyakit yang menyerang kesehatan pada wanita terutama bagi mereka yang masih mengalami masa menstruasi. Lantas apa saja gejala dari kista ovarium?

Gejala Kista Ovarium

Gejala-gejala Kista Ovarium

Sebelum mengetahui gejala kista ovarium, ada 2 jenis kista ovarium yang menyerang para wanita yakni kista ovarium fungsional yang merupakan kista yang tumbuh dan berkembang akibat siklus menstruasi dan tidak membahayakan serta mudah untuk hilang sendirinya.

Yang kedua adalah kista patologis yang merupakan jenis kista yang berbahaya  akibat pertumbuhan sel yang tidak seperti biasanya. Jenis kista ini biasanya memiliki gejala dan membutuhkan perawatan khusus dari dokter. Berikut ini merupakan gejala kista ovarium secara umum.

  1. Perut Terlihat Membesar

Jangan langsung berpikir jika perut yang membesar merupakan akibat dari adanya timbunan lemak, bisa saja perut yang membesar merupakan gejala awal kista ovarium. Kista yang tengah mengalami pertumbuhan akan membutuhkan ruang di dalam perut dan hal inilah yang menyebabkan terkadang penderita merasa seakan-akan ada tekanan di dalam perutnya dan menemukan perut yang semakin membuncit.

Dan apabila kista tersebut pecah maka penderita akan merasakan rasa sakit yang luar biasa dan jika keadaan perut yang semakin membesar tanpa ada perubahan selama kurun waktu 3 minggu maka anda harus segera melakukan pemeriksaan dengan dokter.

  1. Rasa Nyeri Di Punggung

Gejala kista ovarium yang selanjutnya adalah penderita akan merasakan nyeri pada bagian punggung dan ini merupakan gejala yang paling banyak diderita. Gejala ini biasanya terjadi akibat dari kista ovarium yang sudah mengalami penekanan di sekitar area tersebut dan rasa nyeri yang ditimbulkannya pun cukup sakit.

Biasanya, para wanita akan merasakan gejala kista ovarium ini pada pertengahan saat siklus menstruasi. Selain itu, apabila kista tersebut telah pecah maka penderita akan merasakan nyeri di area perut bawah yang luar biasa.

Apabila sakit punggung yang anda rasakan tidak kunjung sembuh dalam kurun waktu tertentu maka anda harus segera mengobatinya ke dokter agar penyakit tidak semakin parah dan mengancam nyawa.

  1. Seringnya Buang Air Kecil

Buang air kecil yang terlalu sering memang bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi air tetapi apabila anda minum air normal tetapi sering sekali ingin buang air kecil maka bisa jadi itu merupakan bagian gejala kista ovarium. Hal ini dikarenakan pertumbuhan dan perkembangan kista ovarium juga mampu memberikan tekanan terhadap kandung kemih wanita.

Penderitanya mungkin akan merasakan kesulitan dalam mengosongkan air di dalam kandung kemih untuk dikeluarkan sehingga air seni tidak dikeluarkan semua. Pada sebagian wanita juga ada yang mengalami rasa sakit seperti terbakar saat akan buang air kecil.

Gejala kista ovarium dan cara mengobatinya
  1. Menstruasi Yang Tidak Normal

Menghitung siklus menstruasi anda memang cukup membantu dalam melihat kesehatan anda pasalnya siklus menstruasi yang tidak normal bisa menjadi pertanda gejala kista ovarium tengah berkembang di dalam tubuh anda. Selain itu, banyaknya darah kotor yang keluar juga menjadi gejala kista awal yang biasanya disertai dengan rasa sakit di bagian punggung.

Pendarahan yang hebat ini dapat menimbulkan anemia sehingga anda akan merasa pusing dan segeralah memeriksa kesehatan anda apabila anda menemukan gejala ini. Selain itu, pada wanita yang telah menopause, adanya pendarahan layaknya siklus menstruasi ini pun jangan diabaikan begitu saja.

  1. Sakit Saat Bab

Tak hanya merasa sakit saat buang air kecil, penderitanya pun akan mengalami rasa sakit saat buang air besar. Rasa nyeri yang timbul tersebut biasanya dikarenakan kista yang semakin membesar dan menekan bagian lambung, saluran kemih dan usus.

Oleh sebab itu, apabila anda merasakan sakit saat buang air besar secara terus-menerus tanpa ada penurunan, anda harus segera pergi ke dokter tanpa perlu lagi menunda-nundanya.

  1. Merasa Mual dan Ingin Muntah

Mual dan muntah pun menjadi gejala kista ovarium. Gejala ini biasanya menunjukkan kista ovariumnya telah rupture. Hal ini biasanya terjadi akibat dari cairan dari kista yang pecah yang masuk ke dalam perut dan untuk kemudian mengiritasi lapisan-lapisan dinding bagian peritoneum yang dapat menyebabkan peradangan.

Peradangan inilah yang menyebabkan penderitanya mual dan ingin muntah. Oleh sebab itu, anda jangan pernah menganggap enteng gejala kista ovarium ap apun agar tidak semakin parah.

  1. Payudara Menjadi Lebih Sensitif

Pada wanita yang hamil, umumnya mereka akan merasakan payudara yang lebih sensitif serta siklus menstruasi yang tidak normal. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon yang juga menyebabkan payudara semakin sensitif dengan menimbulkan rasa nyeri.

Jika anda mengalami payudara yang lebih sensitif walaupun tidak tengah masa menstruasi maka anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

  1. Gangguan Makan Penderita

Gangguan pola makan pun menjadi gejala kista ovarium selanjutnya. Biasanya gejalanya adalah anda tiba-tiba kehilangan nafsu makan dan merasa kenyang walaupun hanya makan sedikit saja. Hal ini dikarenakan kista ovarium yang telah berkembang dan membesar akan memakan ruang di dalam perut yang mengakibatkan ruang untuk menampung makanan lebih sedikit.

Jika keadaan ini terus-menerus dibiarkan maka bisa jadi penderita akan mengalami kista ovarium yang berubah menjadi kanker. Oleh sebab itu, anda harus segera memeriksakannya ke dokter agar penyakit tidak semakin parah dan mengancam nyawa.

Cara Mengobati Kista Ovarium

Selain mengetahui gejala kista ovarium, anda pun harus mengetahui jenis pengobatan seperti apa yang harus diambil. Berikut ini merupakan penjelasan lengkapnya.

1)    Operasi

Cara pengobatan kista ovarium yang pertama adalah dengan operasi. Langkah operasi diambil apabila kista telah mengalami ukuran yang besar dan masih terus berkembang. Pada umumnya, operasi pengangkatan kista berukuran besar, sayatan operasinya akan lebih besar.

 

Operasi pengangkatan kista ovarium ini pun memberikan efek samping terhadap penderitanya yakni seperti peradangan yang parah, sakit yang luar biasa, perut akan membengkak. sekresi vagina yang lebih gelap dengan bau tak sedap dan mengalami demam yang cukup tinggi.

2)    Mengonsumsi Pil KB

Beberapa dokter pun menyarankan pasien kista ovarium untuk mengonsumsi pil KB agar nantinya dapat mengurangi risiko kemunculan kista baru lagi saat siklus menstruasi. Dan semakin lama anda mengonsumsi pil KB maka kesempatan kista ovarium untuk tumbuh dan berkembang kembali akan semakin sempit.

3)    Konsumsi Tanaman Mahkota Dewa

Bagi anda yang  takut untuk melakukan operasi maka anda bisa menggunakan ramuan hermal dari mahkota dewa ini. Tetapi syaratnya adalah kista masih berukuran kecil. Pada tanaman mahkota dewa memiliki kandungan palifenol saponon dan alkaloid yang dipercaya memiliki kemampuan dalam menjaga kesehatan area wanita.

Sayangnya, tanaman herbal ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena adanya kandungan sintosinon dan oksitosis yang membahayakan keadaan Janin di dalam perut.

Dengan mengetahui gejala kista ovarium maka anda dapat segera melakukan deteksi lebih dini dan mendapatkan pengobatan segera agar kista ovarium tidak semakin membesar dan berbahaya.

Related Post