Bahaya Kista Ovarium dan Cara Pengobatannya

Bahaya kista ovarium-  penyakit kista adalah salah satu penyakit yang berbahaya yang sering dialami oleh para kaum wanita. pada dasarnya, setiap wanita hampir mengalami penyakit ini terutama mereka yang sedang menstruasi tiap bulannya. Penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya meskipun seseorang itu belum tahu kalau dia menderita kista. Akan tetapi jika sudah besar, bisa menyebabkan beberapa gejala yang tidak biasa. Oleh karena itu, wanita harus tetap waspada.

bahaya kista ovarium dan pengobatan kista ovarium

Penyakit Kista Ovarium, Apa Kah Itu?

Wanita dianugerahi dua ovarium yang mana setiap bulannya akan melepaskan sel telur dengan bergantian. Terkadang kista mengandung cairan yang berkembang pada salah satu ovarium. Dan ada kemungkinan setiap wanita mengalami hal ini tanpa dia ketahui. Banyak wanita mengalami penyakit ini paling tidaknya satu kali saja selama hidup.  Penyakit ini tidaklah berbahaya serta tidak menyakitkan. Namun penyakit ini bisa hilang tanpa harus diobati.

Akan tetapi, penyakit ini tidak boleh dianggap sepele karena ini bisa menyebabkan penyakit ini membesar dan akan menyebabkan pecah

Kista yang seperti ini dapat menyebabkan gejala yang membuat para wanita menjadi tidak nyaman. Ada dua jenis penyakit ini yang wajib wanita ketahui, di antaranya:

–       Kista ovarium fungsional

Kista yang satu ini timbul disebabkan karena siklus haid. Jenis ini tidak akan berbahaya serta mudah sembuh dengan sendirinya. Jenis ini paling umum dialami oleh banyak wanita.

–       Kista ovarium patologis

Kista yang ini disebabkan karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Biasanya dapat menyebabkan gejala yang patut diwaspadai dan harus ditangani sedini mungkin, jenis ini bisa jinak dan juga ganas.

Gejala Kista Ovarium

Berikut ini beberapa gejala kista yang akan dialami oleh banyak wanita, di antaranya:

  1. Nyeri pada bagian perut : Gejala yang sering dialami penderita kista adalah nyeri pada bagian perut tepatnya di bagian bawah. Gejala ini bisa datang dengan sendiri dan juga bisa pergi, namun bisa juga menyebar ke daerah punggung bagian bawah dan paha.
  2. Nyeri panggul sebelum dan setelah haid
  3. Haid menjadi tidak teratur, menimbulkan rasa sakit, lebih berat bahkan bisa menyebabkan lebih ringan dari biasanya.
  4. Menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada bagian perut saat berhubungan dengan suaminya
  1. Perut terasa tertekan
  2. Perut terasa kembung dan menyebabkan bengkak pada perut
  3. Mengelami kesulitan saat buang air besar atau merasa sakit saat buang sait besar
  4. Buang air kecil lebih sering, ini disebabkan karena adanya tekanan pada kandung kemih
  5. Mudah kenyang walaupun hanya makan sedikit
  6. Sering mual, muntah, dan nyeri pada bagian dada seperti pada saat sedang hamil.

Inilah beberapa gejala yang disebabkan oleh kista ovarium yang wajib diwaspadai oleh kaum wanita.

bahaya kista ovarium

Bahaya Kista Ovarium

Berikut ini beberapa bahaya kista, yaitu:

  • Torsi ovarium

Merupakan salah satu yang perlu mendapatkan tindakan intensif. Penyakit ini adalah salah satu perputaran pada saat ukuran kista yang besar sehingga posisi ovarium menjadi bergeser. Dampak dari bahaya ini adalah aliran darah yang menuju ovarium yang terhenti yang  bisa menyebabkan kerusakan parah pada bagian ovarium. Selain itu ovarium juga bisa menyebabkan mati rasa dan bahkan tidak lagi berfungsi.

  • Kista pecah

Bahaya yang satu ini berisi cairan seperti darah yang nantinya bisa pecah jika tidak mendapatkan penanganan berupa perawatan. Pecahnya kista ini bisa menyebarkan ke berbagai organ lainnya yang ada di sekitar perut dan juga sistem reproduksi.

Pecahnya kista ini bisa menyebabkan pendarahan bagian dalam yang bisa menyebabkan sakit yang sangat hebat. Untuk itu perlu adanya tindakan medis agar tidak menyebabkan infeksi dan ancaman jiwa.

  • Komplikasi kehamilan

Wanita banyak mengelami bahaya yang seperti ini, namun banyak yang tidak mengetahui, jika masih kecil tidak akan berpengaruh terhadap kehamilan dan bahkan bisa hilang dengan sendirinya.

Akan tetapi, jika ukurannya sudah besar, bisa menyebabkan sakit perut yang bisa mempengaruhi kehamilan. Untuk menghilangkan ini bisa dilakukan dengan cara operasi yang tidak berbahaya terhadap kehamilan. Apabila dibiarkan begitu saja bisa mengganggu kehamilan bahkan sampai menyebabkan keguguran.

  • Bahaya ovarium

Kista apabila tidak diobati, maka bisa menyebabkan kanker ovarium. Jenis kanker ini banyak dialami oleh para wanita.

  • Komplikasi penyakit

Salah satu jenis komplikasi penyakit ini adalah gangguan usus yang dapat menyebabkan fungsi usus menjadi tidak normal lagi. Komplikasi seperti bisa menyebabkan buang air kecil menjadi tidak terkontrol lagi sehingga dapat menyebabkan kehamilan seseorang menjadi terganggu. Apabila kista terjadi pada saat sedang hamil.

Cara Mencegah Bahaya Kista

Untuk mencegah kista tidak lah mudah, namun semua wanita dapat dengan mudah mengalaminya pada masa subur. Namun, jangan khawatir kista tetap dapat dicegah berikut cara mencegahnya:

  1. Mencegah ketidakseimbangan estrogen.

Cara pertama untuk mencegah bahaya kista adalah produksi estrogen harus seimbang. Artinya tidak boleh berlebihan. Untuk mengatasi ini, bisa dengan beberapa cara, di antaranya:

–       Hindari semua jenis makanan yang berbahan dasar kedelai karena banyak mengandung senyawa yang bisa memperbanyak produksi estrogen.

–       Jangan banyak mengonsumsi makanan yang membahayakan kehamilan seperti banyak kandungan pengawetnya dan zat tambahan lainnya.

 

Cara pencegahan kista ovarium

–       Mencegah mengonsumsi makanan yang disimpan dalam plastik

–       Memperbanyak konsumsi makanan jenis daging dan juga susu tanpa ada zat tambahan

–       Janan mengonsumsi minuman mineral yang ada dalam  kemasan plastik

2.    Jangan mengonsumsi makanan yang menjadi pantangan wanita yang sedang mengandung seperti keju dan berbagai makanan daging olahan. Untuk menggantinya bisa dengan mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian serta berbagai jenis kacang-kacangan.

3.   Mulailah dengan menurunkan berat badan. Karena berat badan yang berlebihan bisa memicu produksi hormon estrogen semakin banyak.

4.    Mencegah kista dengan mengatur pola makan yang sehat, seperti:

–       Hindari sayur seperti tauge, sawi putih, dan juga kangkung

–       Jangan makan buah durian, nangka dan juga nanas

–       Jangan minum air yang bersoda dan juga beralkohol

–       Jangan mengonsumsi daging unggas

–       Jangan konsumsi seafood

–       Jangan makanan makanan yang sudah diawetkan

Dengan menjaga pola makan yang sehat, selain dapat membantu mencegah kista juga dapat membantu mengobati kista secara alami yang tidak membutuhkan jalan operasi.

Cara Mengobati Kista Secara Alami

Berikut ini cara mengobati kista secara alami, yaitu:

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel bisa membantu mengobati kista dengan cara alami. Cuka sari ini bisa dipercaya membantu menghambat pertumbuhan kista, akan tetapi cuka sari apel tidak dianjurkan untuk mereka yang menderita sakit lambung dan juga asam lambung yang sering kambuh.

  1. Tanaman Mahkota Dewa

Tanaman ini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kista pada wanita. namun tanaman ini tidak disarankan untuk wanita yang sedang mengandung karena bisa membahayakan kandungan.

Inilah beberapa bahaya kista ovarium dan cara mengobatinya semoga bermanfaat.

 

Salah Satu Hal Yang Penting dengan Rutin Melakukan Detoks Usus, Agar Kondisi Tubuh Tetap Fit. 

Info Lengkap Flimty : FLIMTY

Info Cara Minum Flimty : CARA MINUM FLIMTY

Related Post